Warung Apresiasi Seni Pekalongan


Warung Apresiasi dan Seni (Wapress) Kota Pekalongan di kawasan budaya jalan jetayu merupakan wadah bagi komunitas seni dan budaya untuk berekspresi serta berkreasi. selain itu juga merupakan tempat hiburan yang mendidik dan menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap kesenian yang berkembang di Kota Pekalongan. di Wapress disediakan panggung yang bisa digunakan komunitas seni ini untuk unjuk kebolehan dan menghibur setiap malam, ada juga Cafe yang bisa digunakan untuk nongkrong, ngobrol ngalor - ngidul, yang diharapkan dari obrolan tersebut muncul ide-ide sederhana untuk kemajuan Pekalongan. 

Gagasan "miniatur" Taman Budaya itu mendapat respon yang positif dari Pemkot Pekalongan maupun Pemprov Jateng. Bahkan lewat APBD I Jateng tahun 2007 ini dikucurkan dana ratusan juta rupiah untuk membantu mewujudkan gagasan tersebut menjadi kenyataan.

Sesuai dengan namanya, Wapress Kota Pekalongan nantinya berupa sebuah unit wirausaha warung yang bersifat profit dan dikelola secara profesional menjadi "miniatur" Taman Budaya. Harapannya agar warung ini dapat menghidupi diri sendiri serta memiliki dana yang memadai yang dapat digunakan untuk memfasilitasi kegiatan kesenian dan kebudayaan di Kota Pekalongan.

Wapress merupakan upaya perwujudan gagasan "berpikir global, bertindak lokal". Ini merupakan suatu ikhtiar memadukan antara seni dan bisnis demi pertumbuhan kreativitas kesenian dan kebudayaan yang lebih baik bagi masyarakat Kota Pekalongan di masa depan

Visinya tak lain terwujudnya Kota Pekalongan sebagai kota budaya yang bercorak relijius dan memiliki selling point yang tinggi, modern, mandiri, demokratis dan makmur.

Mudah-mudahan Wapress selain bisa dijadikan ajang berkarya seniman Kota Pekalongan juga dapat memberikan hiburan mendidik kepada masyarakat.

source: dari berbagai sumber

2 komentar:

  1. Yang suka dengan gambar (sketsa langsung) bisa gabung dengan kami.
    USk Pekalongan
    Blog : http://usk-pekalongan.blogspot.com
    Grup FB : http://www.facebook.com/groups/USkPekalongan
    GPlus : gplus.to/USkPekalongan
    Twitter : @USk_Pekalongan
    Email : uskpekalongan@gmail.com

    We show the world, one drawing at a time.

    BalasHapus
  2. keren gan kunjungi blog ane juga yah

    http://kota-kreatif.blogspot.com/

    BalasHapus