Pekalongan Menuju Kota Kreatif Dunia

"Nyala lampu bisa saja 5w, 10w, 20w, 50w dan seterusnya, tetapi jika unik akan lebih menarik, karena kebutuhan cahaya untuk menerangi itu Relatif"


"Apa yang anda pikirkan" ketika anda mendengar kata "Pekalongan", "BATIK" adalah salah satu kata yang paling banyak muncul dari banyaknya Jawaban. Kenapa Batik ? Ya karena dari situlah Karya - karya Batik tercipta dengan indah, natural dan luar biasa. Hal tersebut tidak luput dari kreatifitas warganya yang sebagian besar adalah pengrajin batik. Dengan semboyan BATIK yang berarti Bersih, Aman, Tertib, Indah dan Komunikatif ini memberikan sumbangsih yang cukup signifikan di bidang seni batik, hal tersebut di tandai dengan "Museum Batik" yang menjadi salah satu dari enam museum terbaik di dunia, serta diakuinya batik sebagai warisan budaya bukan benda.

Di Tahun 2013 ini, Kota Pekalongan mendaftarkan diri menjadi Kota Kreatif Dunia di samping Solo, Yogyakarta, dan Bandung, yang dicanangkan UNESCO. Kota Pekalongan Optimis masuk 35 Kota Kreatif Dunia kategori Kota Kerajinan dan Kesenian rakyat (Craft and Folk Art), pasalnya saat ini Kota Pekalongan sudah menyisihkan tiga kota lainya di Indonesia yang sebelumnya ikut dinominasikan. Yakni Solo, Jogyakarta dan Bandung. Solo dan Jogya gugur karena tidak bisa memenuhi persyaratan, sedangkan Bandung lolos namun persyaratanya tidak lengkap dengan demikian hanya Kota Pekalongan yang lolos. 

Sebagai Kota yang dinominasikan Kota Kreatif Dunia kategori Kota Kerajinan dan Kesenian rakyat, Pekalongan memenuhi seluruh kriteria dan materi yang dibutuhkan UNESCO, diantaranya kampung batik, museum batik, pasar grosir batik, serta lembaga pendidikan yang fokus pada perbatikan sudah tersedia. Jika Kota Pekalongan menjadi Kota Kreatif Dunia maka Kota Pekalongan berhak memasang logo UNESCO di samping Logo Kota pekalongan pada Kop surat. Suatu hal yang sangat membanggakan jika Kota Pekalongan menjadi salah satu Kota Kreatif Dunia, sebuah Kota kecil di pesisir Negara kesatuan Republik Indonesia tapi bisa sedikit membuka mata dunia dengan kreatifitas yang tiada batas.

Kreatif itu Jujur, Sederhana dan indah..........

Kreatif itu berawal dari menuangkan Ide-ide yang sederhana dengan jujur, yang kemudian menjadi karya yang indah untuk dinikmati. Kreatifitas lekat dengan kata Cerdas, karena dengan kecerdasan orang bisa mengelola input yang kemudian diproses dan menjadikan output itu menarik.

Semakin seseorang cerdas dan pintar berarti semakin banyak potensi untuk melahirkan ide-ide cemerlang. Secerdas apapun seseorang kalau tidak ada input ilmu atau informasi yang cukup, maka kecerdasannya tidak akan membawanya menjadi pintar. Oleh karena itu Kota Pekalongan mempunyai lembaga pendidikan khusus dibidang seni batik yang diharapkan mampu menggali potensi kecerdasan generasi muda di Bidang seni Batik yang merupakan warisan leluhur bangsa ini.

Orang cerdas tidak harus menghasilkan karya yang rumit, tetapi cukup dengan membuat karya yang sederhana namun unik, dan itulah karakteristik orang pekalongan yang "Cerdas Lahiriah" yang tidak bisa ditiru oleh kota - kota lain di Indonesia bahkan di seluruh dunia.

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Ini Tulisan saya sendiri.... Logo juga hasil kreatifitas sendiri, sejatinya blog adalah Content Manajemen System, jadi untuk tampilan bisa menggunakan template apapun, tetapi untuk Content lebih menuju pada originalitas.........

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus